Rabu, 06 Maret 2013

HIKMAH SHOLAT TAHAJUD

Adapun hikmah sholat tahajjud bagi orang yang mau mengerjakannya adalah:
     Akan menjadikan pelakunya memiliki sifat rendah hati.
Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya:
“dan hamba- hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu adalah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melalui malam hari dengan sujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.
     Hikmah kedua akan menjadikan pelakunya orang yang selalu mensyukuri nikmat Allah azza wa Jalla, sebagaimana yang telah diterangkan di dalam hadist Nabi Saw, yang artinya; ” Sungguh Rosulullah SAW berdiri dan sholat hingga kedua telapak kakinya atau kedua betisnya bengkak, maka jawabnya: “ bukankah aku ini seorang hamba yang banyak barsyukur”. ( HR. Jam’ah kecuali Imam Abu Daud, yang bersumber dari al- Mughirah bin Syu’bah R.A)
     Hikmah yang lain adalah dapat melepaskan simpul godaan syaitan (mengusir syaitan) serta manjadikan badan segar dan penuh semangat , Sebagaimana sabda Nabi yang artinya: “ pada waktu seseorang tidur, syaitan membuat tiga buah simpul di kepalanya. Untuk setiap ia mengatakan: “tidurlah engkau sepanjang malam, bila ia terbangun, lalu, maka lepaslah satu simpul, jika ia berwudhu maka lepaslah satu simpul lagi, dan jika ia sholat maka terbukalah seluruh simpul. Pada waktu bangun lagi, ia akan merasa penuh  semangat dengan badan yang segar. Jika tidak, ia akan bangun pagi dengan perasaan serba tak enak dan malas. “( HR. Imam Bukhari, dari sahabat Abu Hurairah R.A)

Sholat tahajjud dikerjakan pada waktu malam hari setelah sholat isya’ sampai terbit fajar(masuknya waktu sholat subuh). Namun dalam sepanjang malam itu terdapat bagian- bagian malam yang sangat mustajab, malam yang sangat utama mengerjakan sholat tahajjud, yaitu sepertiga malam yang terakhir, kira-kira mulai pukul satu sampai terbit fajar.
Sebagaimana sabda Nabi:”Tuhan kami turun ke langit dunia, ketika sepertiga malam yang terakhir, kemudian berfirman :”siapakah yang berdo’a pada-Ku pasti Aku kabulkan, siapa yang meminta pasti Aku beri, siapa yang mohon ampun pasti Aku ampuni, sampai terbit fajar”.
http://avatarcuteabiz.blogspot.com/2012/02/sholat-tahajud-adapun-hikmah-sholat.html

0 komentar: